Apa yang bisa musisi pelajari dari laporan The State of Online Music 2012
dapat menjadi bekal untuk kesuksesan untuk tahun 2013. Tak dinyana lagi, musik sudah bergantung pada social media, online atau internet -terserah loe mau nyebutnya gimana. Kemudahan mencari nama musisi, band atau judul lagu di internet akan membuat lagu semakin dikenal dan tentu saja menghasilkan keuntungan. Baik itu dari jualan download digital ataupun dapet job manggung. Hadirnya banyak platform di internet yang menawarkan kemudahan mempromosikan lagu yang dirilis bukan berarti musisi harus ada di semua platform tersebut. The Next Big Sound membantu kita mengetahui mana platform yang potensial.
The State of Online Music 2012 Report yang disusun oleh The Next Big Sound ini menyiratkan bahwasanya tahun 2012 adalah puncak kepopuleran jejaring sosial, layanan streaming, radio online dan layanan download musik. Kita sama-sama menyaksikan keagresifan iTunes untuk membuka tokonya di kawasan Asia. Bahkan Deezer punya ambisi dapat berekspansi ke lebih dari 100 negara. Hal-hal ini yang mengindikasikan arahnya musik sudah pasti ke digital.
Jika dibandingkan tahun 2011, pertumbuhan jumlah lagu yang diputar secara online di tahun 2012 mengalami kenaikan 45%. Laporan ini juga menangkap gejala semakin populernya platform Soundcloud digunakan oleh musisi untuk memamerkan karyanya sehingga mengundang para fans untuk datang dan mendengarkan lewat platform ini. Padahal di tahun 2011, Soundcloud rata-rata didengarkan sekitar 1,800 kali sedangkan di tahun 2012 jumlah lagu yang didengarkan lewat Soundcloud bisa mencapai 6800 kali. Tren YouTube juga menanjak sekitar 115% menjadi 27,000 views/artists.
Kita juga dapat melihat tingkat maturity dari Twitter dan Facebook yang mulai mengalami stagnasi, untungnya tidak ditinggalkan sebagai tools untuk promo musik yang efisien. Karena Twitter dan Facebook ini dapat menjadi benchmark akan diterimanya lagu atau album ketika dilempar ke publik. Lewat Twitter dan Facebook terpantau pola yang berulang yaitu jumlah followers atau jumlah likes akan naik hanya ketika musisi melakukan kegiatan seperti rilis album.
The Next Big Sound menyiapkan laporan ini bukan pertama kali, tahun sebelumnya juga pernah merilis laporan yang sejenis dan gue pernah tulis disini. Jika tahun sebelumnya Justin Bieber yang dinobatkan sebagai rajanya online, tahun ini The Next Big Sound memilih tiga album yang menimbulkan social buzz paling tinggi: The Lumineers (self-titled), Alt-J (An Awasome Wave) dan Gary Clark Jr (Blak and Blu).
In this digital day and age, it can be difficult to decipher what are the most successful strategies for creating, releasing and promoting new music. In addition, the sheer volume of online activity can be overwhelming.
One thing remains true however, the entire industry would come to a grinding halt were it not for the fans. With social activity on the rise, it has become an integral part of the story. With this report it has been our intention to give an overview of all the activity tracked by Next Big Sound and break this down into more manageable sections with relevant insights, contrasted with the traditional manner of looking at industry numbers.
We hope that this State of the Industry Report has offered you a glimpse of how the music industry continues to evolve
Loe dapat membaca selengkapnya disini